Selasa, 27 Desember 2011

Pengetahuan Umum Dunia dari Peradaban Dunia

1. Pengetahuan Umum Dunia - Peradaban Lembah Sungai Nil
      Sungai nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Daerah di sekitar lembah Sungai Nil ini sangatlah subur. Dahulu kala, sebuah perubahan kuno yang termasyhur pernah berdiri di lembah sungai ini. Adalah peradaban Mesri Kuno yang mengalami kejayaan luar biasa pada saat itu.
   Tak hanya itu, ilmu pengetahuan pada peradaban masyarakat di lembah Sungai Nil, Mesir telah menunjukkan suatu peradaban ilmu pengetahuan umum dunia yang mengagumkan. Adanya Piramida dan Spinx pun telah menjadikan suatu simbol betapa hebatnya Mesir di masa lalu.
a. Pengetahuan Umum Dunia - Kehidupan Masyarakat Mesir Kuno
Wilayah Mesir Kuno yang membentang sepanjang 1.100 km arah selatan laut mediterania sering disebut sebagai " hadiah Sungai Nil ". Masyarakat yang tinggal di daerah menggantungkan hidupnya kepada sungai. Air sungai digunakan untuk mengairi sawah dan ladang di lahan gersang, lumpur yang telah dikeringkan digunakan masyarakat di sana untuk membangun rumah, dan banyak lagi berkah Sungai Nil yang dimanfaatkan masyarakat mesir.

b. Pengetahuan Umum Dunia - Kebudayaan Mesir Kuno
Meskipun menggantungkan hidup kepada sungai, dari segi kebudayaan, masyarakat mesir terbilang sudah maju. Sejak 4000 SM masyarakat mesir kuno telah mengenal tulisan berupa huruf hieroglif. Para penulis hieroglif menuliskan sesuatu pada gulungan kulit pohon papyrus ( semacam kertas yang terbuat dari daun lontar ).
Dalam bidang tekhnologi, yang menonjol dari kebudayaan Mesir kuno ini tentu saja adalah kepemilikan tekhnologi yang sudah maju. Terbukti dengan adanya piramida dan kuil yang berdiri megah sejak ribuan tahun yang lalu. Tentunya pada saat pembangunan memerlukan ilmu ukur, ilmu fisika serta penguasaan tekhnologi yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar