Selasa, 27 Desember 2011

Pengetahuan Umum Dunia dari Peradaban Dunia 2

Pengetahuan Umum Dunia - Peradaban Masyarakat Yunani Kuno

      Dalam Pengetahuan umum dunia dikatakan bahwa peradaban Yunani Kuno merupakan salah satu peradaban yang dimiliki Yunani yang dimulai sejak periode Yunani Arkais hingga abad pertengahan awal. Peradaban Yunani Kuno ini mencapai puncak kejayaan pada periode Yunani Klasik yang berkembang sekitar abad ke-5 sampai ke-4 SM.

      Kala itu, Yunani dipimpin oleh negara-negara kota yang dikenal dengan sebutan Polis Athena. Polis Athena ini berhasil menghalang segala bentuk penyerangan yang dilakukan oleh ke kaisaran Persia. Kekuatan yang dimiliki Yunani itulah yang membuat kebudayaan ini semakin maju.

      Adapun warisan ilmu pengetahuan peradaban Yunani Kuno tersebut adalah sebagai berikut:
1.  Dibidang Astronomi dan Geografi, bangsa yunani telah mengetahui bahwa bumi itu bulat dan berputar pada porosnya. Mereka juga telah mengenal bintang-bintang dan pergantian musim.
2. Herodotus dan Thucydides adalah seorang ahli sejarah yang sangat terkenal, sehingga dianggap sebagai bapak ilmu sejarah.
3. Pytagoras adalah ahli dalam ilmu bangunyang menemukan dalil Pytagoras, yaitu jumlah kuadrat dari kedua sisi siku-siku (Segitiga siku-siku) sama dengan kuadrat sisi miring.
4. Hypocrates dikenal sebagai pelopor ilmu kedokteran. Ia telah menguraikan penyebab terjadinya penyakit dan cara mengobatinya dalam buku prognose dan Aphorismen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar