TUGAS SOFTSKILL BAHASA INDONESIA
PENULISAN ILMIAH
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL..................................................................i
ABSTRAKSI.............................................................................ii
KATA
PENGANTAR................................................................iii
DAFTAR
ISI.............................................................................ix
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah.....................................1
1.2
Rumusan Masalah..............................................2
1.3
Tujuan Penelitian................................................2
1.4
Metodologi Penelitian.........................................3
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 Kerangka
Teoritis...............................................4
2.2 Pembahasan.......................................................6
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan........................................................11
DAFTAR PUSTAKA.................................................................13
PENGARUH
KUALITAS PRODUK DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP
LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK MAKANAN TELA
KREZZ CABANG BEKASI
SEMINAR
PENULISAN ILMIAH
Diajukan
guna melengkapi syarat-syarat untuk mencapai gelar setara Sarjana Muda Jurusan
Manajemen jenjang Strata Satu Fakultas Ekonomi
Universitas
gunadarma
Disusun
oleh :
Nama : Ayuvianti
Nama : Ayuvianti
NPM : 13209528
Jurusan : Manajemen
Fakultas
Ekonomi
Universitas
Gunadarma
Jakarta
2012
ABSTRAK
Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen secara
bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Secara partial kualitas
produk dan tingkat kepuasan konsumen juga berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan dimana variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap loyalitas
pelanggan adalah tingkat kepuasan konsumen.
Kata kunci: kualitas
produk, kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan ridho-Nya
penulis telah dapat menyelesaikan penulisan tugas akhir ini guna memenuhi salah
satu syarat dalam mencapai gelar Sarjana pada jurusan Manajemen di Universitas
Gunadarma.
Tak
dapat dipungkiri bahwa banyak hal yang belum terjangkau oleh penulis, sekalipun
sudah berusaha semaksimal mungkin. Dalam berbagai keterbatasan, penyusunan
tugas akhir ini tidak mungkin terwujud tanpa perhatian, dukungan serta bantuan
dari berbagai pihak yang telah membantu baik materil maupun moril.
BAB I
PENDAHULUAN
1 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Dewasa ini dunia
usaha sangat berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan adanya ide kreatif dan
inovatif. Seiring dengan ide tersebut konsep pemasaran pun turut berkembang.
Kegiatan pemasaran sekarang sudah mulai difokuskan pada pemuasan kebutuhan
konsumen. Pada umumnya setiap usaha bertujuan untuk mencari keuntungan, tujuan
tersebut tidak terlepas dari kegiatan pemasaran. Pemasaran itu sendiri sudah
harus dipikirkan jauh harisebelumnya, agar lebih tepat pada sasaran konsumen.
Karena konsumen yang potensial akan mempertimbangkan berbagai faktor,
diantaranya faktor kualitas produk, kepuasan konsumen dan fasilitas yang ada
sebelum memilih tempat yang dapat memberikan kepuasan tertinggi terhadap
konsumen.
Umumnya masyarakat
modern dewasa ini ditandai dengan aktivitas kerja yang tinggi, khususnya yang
terletak di perumahan, perkantoran dan sekolah. Mobilitas kegiatan tersebut
berdampak pada semakin banyak orang menghabiskan waktunya di luar rumah karena
banyaknya kegiatan, khususnya kalangan pelajar, mahasiswa dan karyawan yang
sebagian besar dari mereka lebih suka mencari jenis makanan ringan dengan harga
yang murah dan memiliki citra rasa yang enak dan berkualitas. Sehingga pada
jaman sekarang ini banyak sekali jenis ukm makanan kecil yang bermunculan
dengan harga yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.
Hal ini disesuaikan
dengan kelompok masyarakat dengan ekonomi yang cukup, cenderung memilih jenis
makanan ringan yang murah sesuai dengan kondisi keuangan mereka. Selain itu
banyak sekali jenis ukm makanan yang ditawarkan dan beraneka ragam jumlahnya,
serta mengakibatkan timbulnya daya beli terhadap jenis makanan tersebut. Bekasi
merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali jenis usaha makanan
ringan, salah satunya adalah jenis makanan Tela Krezz yang terbuat dari bahan baku
singkong yang disajikan dengan kemasan yang menarik, sehingga mengundang selera
konsumen untuk mencoba jenis makanan tersebut. Jenis usaha makanan ini di
Bekasi sangat memberikan peluang bagi para pengusaha. Hal ini dapat dilihat
dari semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis usaha makanan ringan.
Sebagai usaha yang bergerak dalam bidang jasa, maka tingkat kepuasan konsumen
sangat berpengaruh terhadap laba usaha tersebut.
Demikian juga dalam
mengambil keputusan mengenai alternative pilihan jenis usaha makanan ringan,
para pemilik tersendiri terhadap pembeli.modal akan mempertimbangkan berbagai
faktor dalam menjalankan usahanya. Faktor tersebut diantaranya meliputi
kualitas produk dan kepuasan konsumen dalam memberikan kepuasan.
1
1.2 Rumusan Masalah
1.Apakah kualitas
produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
2.Apakah kepuasan
konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
3.Apakah kualitas
produk, kepuasan konsumen secara bersama mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap loyalitas pelanggan?
1
1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk menganalisis
tentang pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
2. Untuk menganalsis
pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan.
3. Untuk menganalisis
pengaruh kualitas produk, dan kepuasan konsumen secara bersama-sama terhadap
loyalitas pelanggan.
1 1.4 Metode Penelitian
1. Teknik Penarikan
Sampel
Metode penarikan
sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode simple random
sampling,
yaitu teknik sampling dimana peneliti mempunyai pilihan pribadi dalam memilih individu yang akan
menjadi anggota sampel.
2. Besaran Sampel
Besaran sampel
merupakan banyaknya individu, subjek atau elemen dari populasi yang diambil
sebagai sampel. Berikut ini rumus yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah
sampel minimal untuk sebuah penelitian:
Rumus untuk mengetahui jika ukuran populasinya besar, artinya
ukuran sampel yang akan diperoleh besarnya kurang dari 5% populasi (Subyantoro
dan Sulistiyono, 1998).
Adapun rumusnya
adalah sebagai berikut:
n = Z² _ / 2_ ( 1 – _ )
€²
Nilai € terbesar jika
€ = _ (1 – _) adalah 0,5 (1 –
0,5) = 0,25
Nilai level of
significance pada confidence level 95% adalah 1% dan kemungkinan kesalahan
sampel (sample
error )
ditetapkan 10%, maka nilai n adalah:
n = Z² _ / 2_ ( 1 – _ )
€²
n = Z² _ / 2_ ( 0,25 )
€²
n = Z² _ / 2
4 €²
n = 1,96 ²
4
( 0,10 )²
n = 96,04
Sehingga mengacu pada
rumus di atas maka sampel minimal pada penelitian ini adalah 96 responden.
Besarnya sampel minimum untuk penelitian deskriptif adalah
sebanyak 100 responden. Berdasarkan pertimbangan rumus dan pendapat di atas,
maka ditetapkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden.
BAB II
PENDAHULUAN
2 2.1 Kerangka
Teoritis
Konsumen merupakan
aset yang tidak bisa ternilai bagi sebuah usaha produk atau jasa. Hal ini
disebabkan adanya konsumen sebagai pihak yang membutuhkan produk atau jasa yang
ditawarkan oleh jenis usaha makanan tersebut, agar produknya disenangi oleh
konsumen maka produk yang dihasilkan harus dibuat menarik dalam pengemasannya.
Kotler (1997), kepuasan konsumen adalah perasaaan senang atau kecewa seseorang
yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu
produk dengan harapannya.
Dalam persaingan yang
semakin ketat diantara usaha makanan saat ini. Khususnya makanan ringan, maka
peningkatan kepuasan konsumen menjadi prioritas utama dimana kualitas produk
dan kepuasan produk harus diperhatikan guna tercapainya laba usaha yang
meningkat dan loyalitas kosumen yang tinggi.
Atas Dasar uraian
tersebut menggambarkan bahwa kualitas produk dan kepuasankonsumen merupakan
faktor utama yang dapat mempengaruhi terciptanya loyalitas konsumen terhadap
produk.
KUALITAS PRODUK (X1)
|
LOYALITAS PELANGGAN
(Y)
|
KEPUASAN KONSUMEN
(X2)
|
2 2.2 Pembahasan
MODEL
|
Unstandardized
Coefficients
|
Standardized
Coefficients
Beta
|
t
|
Sig.
|
Correlations
|
|||
B
|
Std.
Error
|
Zero-order
|
Partial
|
Part
|
||||
1
(Constant)
Kualitas
Kepuasan
|
.228
.398
.782
|
2.934
.135
.133
|
.249
.497
|
.078
2.941
5.868
|
.938
.004
.000
|
.433
.589
|
.286
.512
|
.231
.461
|
Berdasarkan hasil
tabel di atas bahwa besarnya Standardized Coefficients Beta variabel kualiatas
produk sebesar 0,249 dengan besarnya nilai signifikan adalah sebesar 0,004 lebih
kecil dari 0,05 dengan nilai t sebesar 2,941 maka variable kualitas produk
berpengaruh singfinikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan besarnya Standardized
Coefficients Beta variabel kepuasan konsumen 0,497dengan besarnya signifikan adalah
sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai t sebesar 5,868 maka variabel
kepuasan konsumen juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Tabel 2
Anova
Model
|
Sum of
Square
|
df
|
Mean
Square
|
F
|
Sig
|
1Regression
Residual
Total
|
508.262
761.128
1269.39
|
2
97
99
|
254.131
7.847
|
32.387
|
.000
|
a. Predictor:
(constant), kepuasan, kualitas
b. Dependent
Variable: loyalitas
Dari uji Anova atau F
test, didapat F hitung sebesar 32,387 dengan tingkat signifikan 0,000. Oleh
karena probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05, maka model regresi dapat
dipakai untuk memprediksi variabel loyalitas pelanggan atau dapat dikatakan
kualitas produk dan kepuasan konsumen secara bersamasama berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan.
Tabel 3
Model Summary
Model
|
R
|
R
Square
|
Adjusted
R.
Square
|
Std.
Error
of
Estimate
|
1
|
.633
|
.400
|
.388
|
2.801
|
Berdasarkan hasil
tabel 3 angka R square sebesar 0,400, hal ini berarti sekitar 40% loyalitas dapat
ditentukan oleh kualitas produk dan kepuasan konsumen, sedangkan sisanya
(100%-40% = 60%) disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam
penelitian ini. Hal ini dapat disimpulkan, bahwa pengaruh dari kedua variabel
tersebut yaitu kualitas produk, dan kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang
cukup baik terhadap loyalitas pelanggan terhadap produk. Maka dalam hal ini
pemilik usaha harus dapat meningkatkan kembali strategi pemasaran yang sudah
ada agar dapat memaksimalkan kedua factor tersebut untuk terciptanya loyalitas
pelanggan terhadap produk, atau pemilik usaha dapat mencari strategi lain
dengan menggunakan faktor-faktor di luar elemen tersebut agar dapat memberikan
dan meningkatkan persentase pengaruh terciptanya loyalitas pelanggan terhadap
produk makanan Tela Krezz. Standar Error of the Estimate adalah suatu ukuran banyaknya
kesalahan regresi dalam memprediksikan nilai Y. Dari tabel 4.9 diperoleh
besarnya standar
error of
the
estimate sebesar
2,801 (satuan yang dipakai adalah variabel dependen atau dalam hal ini adalah
loyalitas pelanggan). Perhatikan pula analisis sebelumnya (tabel 4.5 Descriptive
Statistics),
bahwa standar deviasi loyalitas pelanggan sebesar 3,581 yang jauh lebih besar
dari standar
error of estimate yang hanya2,801. Oleh karena lebih kecil dari standar deviasi
variabel loyalitas pelanggan, maka model regresi lebih bagus bertindak sebagai
prediktor loyalitas pelanggan daripada rata-rata loyalitas itu sendiri.
Maksudnya adalah bahwa tingkat kesalahan atau standar error of estimate yang terjadi masih
daripada standar deviasi yang ada, maka kedua variabel kualitas produk dan
kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang baik terhadap produk makanan Tela
Krezz.
Tabel 4
Kontribusi Partial
No.
|
Keterangan
|
Hasil
|
1.
|
Standardized
Correlation Beta Kualitas Produk x Partial Kualitas Produk =
0,249 x
0,286 = 0,071214
|
0,071214
|
2.
|
Standardized
Correlation Beta Kepuasan Konsumen x Partial Kualitas Produk
= 0,497
x 0,512 = 0,254464
|
0,254464
|
3.
|
Total
|
0,325678
|
Tabel 5
Persentase Kontribusi Partial
No.
|
Keterangan
|
Hasil
|
1.
|
Partial
Kualitas Produk= 0,071214 x 100% = 21,87%
0,325678
|
21,87%
|
2.
|
Partial Kepuasan
Konsumen= 0,254464 100% = 71,13%
0,325678
|
71,13%
|
Berdasarkan tabel 5
maka besarnya persentase kontribusi partial kualitas produk sebesar 21,87% dan
besarnya persentase kontribusi partial kepuasan konsumen adalah sebesar 71,13%.
Dalam hal ini bahwa variabel tingkat kepuasan konsumen yang sangat besar
kontribusi partialnya terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela
Krezz Cabang Bekasi.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
1.Kualitas
produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk
makanan Tela Krezz
2.Kepuasan
konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada
produk makanan Tela Krezz
3.Berdasarkan
hasil perhitungan dengan analisis regresi berganda, menunjukkan bahwa kualitas
produk dan kepuasan konsumen secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang
positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
4.Jika
dilihat dari kontribusi parsial bahwa variabel kualitas produk dan variabel
tingkat kepuasan konsumen memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dalam
hal ini bahwa variabel tingkat kepuasan konsumen yang sangat besar kontribusi
partialnya terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz Cabang
Bekasi.
DAFTAR PUSTAKA
Dharmayanti. Diah.
2000. Analisis
Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai
Moderating Variable
Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomi. Universitas Kristen Petra.
Dutka. Alan. 1994. AMA Hand Book for
Customers Satisfaction. NTC Bussiness Book. Lincolnwood. Illinois.
Hadiati. Sri dan
Ruci. 1999. Analisis
Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Telkomsel Malang
Area. Jurnal
Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 1, September 1999: 56-64.
Hasan. Ali. 2008. Marketing. Cetakan Pertama. PT.
Buku Kita. Jakarta.
Kotler. Philip. 1997.
Prinsip-prinsip
Pemasaran. Edisi
Ketiga. PT. Prehallindo. Jakarta.
Kotler. Philip dan
Amstrong. Gary. 2002. Principles of Marketing. Prentrice Hall. Inc. Ninth Edition.
Englewood. New Jerrsey.
Lovelock. C.H. 1996. Service Marketing. Second Edition.
Prantice Hall Inc. New Jerrsey.
Musanto. Trisno.
2001. Faktor-Faktor
Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media
Advertising Surabaya. Jurnal Marketing Vol. 2, Oktober 2001: 128-135.
Priyatno. Duwi. 2009.
Mandiri
Belajar SPSS. Mediakom. Yogyakarta.
Rusman. Tedy. 2003. Pengaruh Kualitas
Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Seluler GSM PT. SATELINDO CABANG BANDUNG. Jurnal Ekonomi dan
Bisnis. STIE Darmajaya.
Samuel. Hatane dan
Foedjiawati. 1998. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek
(Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya). Jurnal Ekonomi.
Universitas Kristen Petra.
Subyantoro. Arif dan
Sulistyono.1998. Statistika II. Yogyakarta. UPN Veteran Press.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk
Penelitian.
Alfabeta. Bandung.
Sunarto. 2003. Pengaruh Merek Pada
Loyalitas Konsumen Pada Produk Tertentu. Mitra Bisnis Agustus 2003. Vol 2. No.
2, pp. 121-138.
Swasta. Basu. 2000. Pengantar Bisnis
Modern. Edisi
Ketiga. Liberty. Yogyakarta.
Sekaran. Uma. 2006. Metodologi
Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta
Tjiptono. Fandy. 1997. Strategi
Pemasaran. Gramedia. Jakarta.
Referensi
Referensi
Agyl
Satrio Hutomo*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar